Hallo, selamat sore, artikel ini akan dibahas tentang 5 Strategi Endorsement Minim Budget simak selengkapnya
Tren berjualan online semakin meningkat di kalangan ibu-ibu. Mama bisa tetap di rumah sambil mengasuh anak, namun tetap membaca pemasukan.
Bisnis online bisa capai pasar yang lebih luas sehingga memungkinkan penjualan yang lebih tinggi. Akan tetapi, dengan berjibun kelebihan tersebut, bukan berarti Mama bisa santai-santai menunggu konsumen saja. Untuk menjaring lebih berjibun konsumen, Mama juga butuh strategi marketing yang tepat.
Dalam Instagram Live Parenting Indonesia Milennial Parents Academy, Dhea Febriana, founder @seseruitu, @kooken dan co-founder @mahikakids membagikan ceritanya menggunakan strategi marketing dengan budget yang rendah.
Dhea menceritakan bahwa dirinya membikin bisnis pertamanya @seseruitu dengan mewujudkan satu sampel tempat tidur anak dengan biaya produksi sekitar eka juta rupiah. Untuk memasarkannya, ia mencoba mengirim direct message (DM) ke kaum public figure yang punya anak. “Aku kasih lihat foto sampel produk yang telah jadi,” ceritanya.
Beruntunglah bahwa ikhtiar Dhea untuk menghubungi kaum khalayak figur secara pribadi tersebut direspons oleh alpa eka di antaranya, ialah Ringgo Agus Rahman. “Jadi, sampai dari sisa-sisa arta terakhir aku (setelah produksi sampel) itu, aku kasih ke Kak Ringgo, sambil berdoa ini akan beres jalan membuka usahaku,” kenangnya.
Dari cuplikan yang diterima tersebut, Ringgo akhirnya mengunggah foto komoditas Dhea ke akun instagramnya. Dari situlah Dhea membaca pre pekerjaan pertamanya. “Bahkan, siap kaum artis yang akibatnya ikut pesan juga,” ujarnya.
Nah, Dhea juga membagikan tip bagi Mama untuk melaksanakan strategi endorsement yang minim budget. Apa sajakah?
1. Definisikan Market
Ini adalah hal yang amat esensial dalam melaksanakan marketing. Tujuannya, biar komunikasi yang disampaikan lewat konten Instagram ataupun akun jualan kita serta caption efektif. “Kan, beda kaidah bicara kita dengan ibu-ibu ataupun dengan anak muda yang belum punya anak. Makanya kita kudu mengenali market kita,” ujar Dhea.
2. Tahu Lokasi Market
Anda kudu tahu area market Anda, apakah di kota-kota besar sahaja ataupun di seluruh Indonesia. “Jadi, ketika aku bikin adds (online) itu menyasarnya telah ditentuin kota-kotanya,” ujarnya. Hal ini menyebabkan biaya marketing tidak membengkak.
3. Teknik Influencer Endorsement
Untuk melakukan endorsement, Dhea berpesan untuk tak asal memilih influencer hanya dengan pertimbangan jumlah follower yang berjibun saja. “Kalau mau endorse, (pilih) kira-kira market kita follow siapa. Itulah kenapa kudu pilih siapa audience kita,” pesannya.
Bahkan, Dhea juga mengatakan pentingnya untuk memilih influencer sespesifik mungkin, yang bertimbal dengan nilai brand kita. “Brand kita andaikata diibaratkan manusia kayak apa. Kalau perlu tahu hobinya apa, bersepeda ataupun renang, andaikata beli baju ataupun make up mereknya apa.” tegasnya.
4. Jangan Malu Pendekatan
Saat melancarkan bisnis pertamanya, Dhea menceritakan bahwa strategi marketing yang ia gunakan adalah dengan mengirimkan direct message atau e-mail kepada para figur khalayak untuk menawarkan sampel produknya. “Salah satunya yang nyantol itu Kak Ringgo,” katanya.
Dari sampel yang diterima oleh Ringgo dan Sabai untuk anak pertamanya, Bjorka tersebut, mereka merasa senang dengan komoditas Dhea dan mengunggahnya ke Instagram. Dari unggahan tersebutlah, Dhea membaca pesanan-pesanan pertamanya. “Ini tanpa kudu mengeluarkan budget untuk endorsement,” ujarnya.
5. Jangan Asal Kasih Produk Gratis
Masih akibat dari unggahan Ringgo, siap kaum artis yang juga me-follow Ringgo menghubungi Dhea untuk memesan tempat tidur. Dhea juga mengambil kesempatan ini sebagai strategi marketing-nya. “Ini bukan endorsement budget. Itu dihitung sebagai budget marketing budget yang keluar,” ujarnya. Akan tetapi, Dhea berpesan,” Jangan cuma ngasih-ngasih terus free product tapi mengikis laba kita. Harga produksi dari komoditas yang kita kasih itu di-switch (ubah) ke biaya marketing.”
Baca juga:
7 Langkah Pemula Mengoptimalkan Media Sosial untuk Usaha
Mau Jadi Momfluencer, Bangun Personal Branding Dulu!
Ciptakan Personal Branding untuk Tingkatkan Bisnis
Cara Memulai Bisnis Online
Raih Keuntungan Lewat Bisnis Online
LTF
FOTO: FREEPIK
Sekian penjelasan mengenai 5 Strategi Endorsement Minim Budget semoga info ini bermanfaat terima kasih
tulisan ini diposting pada kategori , tanggal 10-07-2021, di kutip dari https://www.parenting.co.id/dunia-mama/5-strategi-endorsement-minim-budget-